Selasa, 05 Oktober 2010

Bagaimana ide PHA3M ini terbentuk???

Persaudaraan Haji Alumni Al Kautsar Al Akbar Medan atau disingkat dengan PHA3M merupakan gagasan untuk menyatukan tekad meningkatkan ukhuwah antar alumni Al Kautsar Al Akbar, Medan, yang telah menunaikan ibadah haji ke Mekkah sebagai sebuah keajiban rukun Islam ke-5.

Ide ini terbentuk atas sebuah momen undangan KH Tuan Guru Ibnu Nasuha, yang berdomisili di Medinah, Saudi Arabia, kota kelahiran Rasulullah SAW, Nabi yang menjadi tokoh dan idola setiap muslim yang beriman, semoga niat suci dan tangan terbuka bang Ibnu ini dibalas keberkahan oleh Allah SWT.

Niat tuan rumah untuk mengundang segala sobatnya maupun adik-adiknya yang sudah berhaji ke rumahnya merupakan simbol kesahajaan dan ketulusan cinta kasihnya sebagai alumni pertama Pesantren Al Kautsar Al Akbar.

Sehingga perlu dibentuk wadah persaudaraan untuk membuat acara seperti ini rutin terjadi setiap tahun setelah melaksanakan ritual haji wukuf di Arafah seperti yang disarankan beliau agar tidak mengganggu kesibukannya dalam pelayanan haji yang dilakukan setiap tahun pada bulan tertentu tersebut.

Apabila acara tahun ini sukses terlaksana, maka ke depannya terbuka alternatif untuk mengadakan acaranya di rumah Alumni lainnya yang berdomisili di Mekkah, Medinah mauun Jeddah. Alternatif lainnya bisa juga diadakan di hotel atau gedung khusus, sesuai permintaan anggota yang tergabung di dalamnya.

Selain peningkatan ukhuwah, tujuan lainnya yang bisa dicapai adalah saling tolong menolong dan sharing informasi hukum-hukum haji dan cara pelaksanaannya dengan tepat antar sesama jemaah haji yang berasal dari Alumni Al Kautsar Al Akbar.

Agar lebih terorganisasi tujuan selanjutnya PHA3M ini adalah sebagai berikut:

1. Membantu sesama alumni yang berprofesi sebagai pelayan haji melalui Perusahaan Hajinya dalam memenejemen jemaahnya di Saudi. Hal ini mengingat terdapat beberapa perusahaan haji di Indonesia yang dimiliki langsung oleh alumni.

2. Membantu alumni yang berkeinginan menjadi pelayan haji atau berkeinginan mendirikan perusahaan wisata haji dan umrah di Indonesia, atau travel haji dan umrah, mulai dari cara mendirikan, tiketing, perhotelan di Indonesia maupun di Saudi, informasi manejemen haji, dan beberapa strategi meningkatkan kualitas pelayanan kepada jemaah.

3. Membantu alumni yang kebetulan berhaji sendirian di kloternya, atau mempunyai keluarga yang melaksanakan haji, sehingga keberadaanya di Saudi dapat terbantu dengan hadirnya wadah ini. Karena banyak alumni yang menghajikan kedua orang tuanya selalu diliputi rasa was-was, apabila di kloternya ada terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, misalnya kesalahan dalam pelaksanaan ibdah dan lain sebagainya.

4. Wadah ini juga akan menjadi pengikat ukhuwah antara alumni yang sudah haji atau hajjah di Indonesia. Sehingga para haji tersebut terus ter-update pengetahuan agamanya dan tidak melupakannya.

5. Membuat kajian mengenai peningkatan kualitas pelayanan haji melalui blog ini, riset, penulisan buku dan lainnya yang diharapkan menjadi masukan kepada pihak yang terkait maupun pemerintah melalui Departemen Agama RI.

6. Memberikan layanan konsultasi haji dan praktek haji bagi alumni calon haji yang ingin berangkat ke Saudi baik melalui ONH maupun ONH-Plus.

7. Menghimbau, mendorong dan mendukung alumni yang tertarik mendirikan KBIH bagi jemaah pengajian yang dipimpinnya. Sehingga, kualitas pelayanan KBIH yang dimilikinya dapat disamakan dengan kualitas internasional sesuai dengan standar usaha pariwisata yang sudah baku.

8. Membantu sepenuhnya anggota terdaftar di MAAC, IKMAL Aceh, IKMAL Medan dan IKMAL lainnya, Konsulat, Maupun Persatuan Alumni perangkatan, yang berniat menjadi pelayan ummat melalui haji dan umroh, untuk mendirikan KBIH, Travel Haji maupun usaha lainya yang berkah di Indonesia maupun di Saudi Arabia, khususnya, maupun Timur Tengah pada umumnya.

9. Menggagas iuran sedekah, amal zariyah maupun bentuk lainnya untuk disumbangkan kepada sesiapa saja para Alumni yang mempunyai usaha, kegiatan maupun keinginan mendirikan lembaga pendidikan baik itu dalam bentuk pesantren, sekolah, kursus dan lain sebagainya yang pada akhirnya bertujuan untuk meningkatkan pendidikan bangsa dan negara di Indonesia yang tercinta

10. Bertawakkal kepada Allah SWT


Demikian gagasan ini dituliskan, semoga kedepannya, tali persaudaraan antara alumni khususnya yang telah melaksanakan ibdaha haji dan umroh, dapat tercipta dengan baik


Penggagas

H. Julkifli Marbun, MA

-Staf di al-Munief Co. Saudi Arabia, tahun 1998
-Tenaga Musim Haji (Temus Depag RI) tahun 2000 melalui Persatuan Pelajar Indonesia di India (PPI-India).
-Staf Guide Haji Perusahaan Haji dan Umrah Konsorsium al-Abrar di Saudi Arabia tahun 2001.
-Tenaga Musim Haji (Temus Depag RI) tahun 2003 melalui Persatuan Pelajar Indonesia di India (PPI-India).

0 comments:

Posting Komentar

Featured News

Don't miss new info's

Subscribe here to get our newsletter in your inbox, it is safe and EASY!

PHA3M Home | UD Paju Marbun | Sultan Group | IMECH | BeritaDekhoCom | TobaPosCom | © 2014 - Designed by Templateism.com, Distributed By Templatelib